China Bersiap Hadapi Pandemi Baru, Begini Strategi Xi Jinping

SHARE  

President of China Xi Jinping delivers opening remarks from their meeting with South African President Cyril Ramaphosa (unseen) after being bestowed with the Order of South Africa at the Union Buildings in Pretoria on August 22, 2023. (Photo by PHILL MAGAKOE / AFP) Foto: AFP/PHILL MAGAKOE

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah China memutuskan menambah jumlah tim khusus yang bertugas merespons wabah penyakit menular di masa depan. Jumlah tim itu ditambah dari 5 tim menjadi 25 tim.

Direktur Administrasi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Nasional Wang Hesheng mengatakan negaranya akan meningkatkan sistem peringatan dini dan sistem peraturan terkait wabah menular.

“Negara ini juga akan meningkatkan peringatan dini dan sistem peraturan atau hukum yang relevan,” kata Wang di sela-sela sidang tahunan parlemen Tiongkok, dikutip dari CNA, Senin, (11/3/2024).

Wang mengakui menghindari penyakit menular memang sulit. Namun, dia yakin upaya untuk menghindari terjadi pandemi kembali dapat dilakukan.

Baca: Ekonomi Global Tidak Baik-Baik Saja, Ini Pandangan 100 Bank di RI

Saat ini, Tiongkok memang sedang bersiap-siap untuk menghindari berulangnya penyakit menular akibat virus dan bakteri seperti pandemi Covid-19. Sebagaimana diketahui, pandemi yang telah melanda seluruh dunia itu pertama kali dideteksi dari negara tersebut.

Tiongkok sedang membuat rancangan revisi terhadap undang-undang tentang pencegahan, pengendalian dan karantina penyakit menular. Revisi aturan itu disebut sudah mencapai tahap tinjauan awal.

Dalam laporan kerja Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang menyebut bahwa negaranya telah mencapai kemenangan besar dan menentukan dalam peranghttps://trukgandeng.com/ melawan Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*