Gudang Garam Bangun Tol Kediri-Tulungagung Rp 9,9 T, Beres 2025

SHARE  

Salah satu jalan tol di Indonesia punya fitur yang sangat unik, yaitu jalan yang bisa bernyanyi alias singing road. (Twitter @pupr_bpjt) Foto: Salah satu jalan tol di Indonesia punya fitur yang sangat unik, yaitu jalan yang bisa bernyanyi alias singing road. (Twitter @pupr_bpjt)

Jakarta, CNBC Indonesia – Dalam rangka meningkatkan konektivitas bebas hambatan yang saling menghubungkan antar wilayah satu dengan lainnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus berupaya melanjutkan pembangunan Jalan Tol untuk ruas-ruas baru. Berdasarkan Surat Menteri nomor PB 0201-Mn/2954 tanggal 14 Desember 2023 telah ditetapkan pemenang lelang pengusahaan Jalan Tol Kediri – Tulungagung sepanjang 44,17 Km yang diprakarsai oleh PT Gudang Garam (Tbk).

Selanjutnya, pada tanggal 12 Februari 2024 pemrakarsa PT Gudang Garam (Tbk) telah membentuk dan mendirikan BUJT bernama PT Surya Sapta Agung Tol.

Baca: Terima Kasih Jokowi! RI Punya Whoosh, Jalan Tol di mana-mana

Pelaksanaan proyek ini ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), Perjanjian Regres dan Perjanjian Penjaminan Jalan Tol Kediri – Tulungagung.

“Terlaksananya proyek Jalan Tol ini merupakan keputusan bisnis yang sangat strategis sekaligus mempercepat konektivitas di salah satu ruas Jawa Timur, karena jalan tol ini akan menghubungkan dengan Jalan Tol Trans Jawa dengan jalan nasional Pansela dan akan tersambung ke wilayah Mojokerto hingga Kediri,” ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Minggu (3/3/2024).

Salah satu jalan tol di Indonesia punya fitur yang sangat unik, yaitu jalan yang bisa bernyanyi alias singing road. (Dok. BPTJ)Foto: Salah satu jalan tol di Indonesia punya fitur yang sangat unik, yaitu jalan yang bisa bernyanyi alias singing road. (Dok. BPTJ)
Salah satu jalan tol di Indonesia punya fitur yang sangat unik, yaitu jalan yang bisa bernyanyi alias singing road. (Dok. BPTJ)

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir menambahkan pembangunan Jalan Tol Kediri – Tulungagung yang berada di Provinsi Jawa Timur menghubungkan Kota Kediri dan Kabupaten Kediri dengan Kabupaten Tulungagung.

Baca: Jokowi Pamer ke IKN Lewat Tol Cuma 45 Menit, Pesawat 15 Menit

“Terkait lingkup pengusahaan Jalan Tol Kediri – Tulungagung adalah melaksanakan kegiatan pendanaan termasuk pendanaan pengadaan tanah, perencanaan teknik, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan untuk keseluruhan jalan tol,” timpal Munir.

Sebagai informasi, Jalan Tol Kediri – Tulungagung terdiri dari Akses Tol Bandara Dhoho sepanjang 6,82 Km dan Main Road (Seksi 1 + Seksi 2) Kediri – Tulungagung sepanjang 37,35 Km (termasuk Jalan Akses). Biaya investasi pembangunan Jalan Tol ini sebesar Rp 9,92 triliun dengan masa konsesi 50 tahun terhitung sejak penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK). Direncanakan mulai konstruksi pada Kuartal II tahun 2024 dan ditargetkan beroperasi pada https://trukgandeng.com/Kuartal III tahun 2025.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*