Luhut Selepet Cak Imin Soal Hilirisasi, Cak Imin: Ayo Kita Cek!

SHARE  

Cak Imin Ajak Tobat Ekologis & Jangan Ugal-Ugalan! Foto: CNBC Indonesia TV

Jakarta, CNBC Indonesia –┬áCalon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin buka suara terkait respons dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang menyebut bahwa Cak Imin telah menyebar kebohongan publik soal hilirisasi RI.

Luhut pun mengajak Cak Imin untuk langsung “turun gunung” melihat kemajuan smelter nikel dan politeknik yang ada di Morowali, Sulawesi Tengah.

Menurut Luhut, Cak Imin melakukan kebohongan publik perihal hilirisasi nikel di Indonesia.

“Saya pingin sebenarnya itu mengundang Muhaimin ke Weda Bay, ke Morowali, untuk lihat sendiri, seeing is believing,” ujar Luhut dalam akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan, dikutip Kamis (25/01/2024).

“Daripada Anda bohong pada publik yang menurut saya itu satu karakter yang gak bagus untuk mencapai suatu posisi. Anda membohongi publik dengan memberikan informasi seperti tadi,” imbuhnya.

Pernyataan Luhut tersebut langsung kembali direspons oleh Cak Imin. Cak Imin pun mengaku, dirinya siap mengecek.

“Siap saja. Kita tiap saat bisa ngecek, antara apa ya bahasa NU-nya mudharat dan manfaatnya,” kata Cak Imin, dikutip dari detikcom, Kamis (25/01/2024).

Cak Imin mengaku siap membuktikan pernyataannya mengenai program hilirisasi yang dinilainya tidak menguntungkan rakyat. Dia menegaskan semua bisa dicek apakah rakyat dapat menikmati hasil dari program tersebut atau tidak.

“Ya kita buktikan, kita buktikan. Bahwa antara jumlah uang yang masuk kepada negara dari pertambangan, baik itu langsung maupun hilirisasi jumlahnya sangat kecil dibandingkan kerusakannya,” ujar Cak Imin.

“Apalagi ada tenaga kerja asing, apalagi ada kecelakaan kerja, apalagi ada keuntungan besar tambang itu tidak dinikmati oleh masyarakat Sulawesi Tengah. Begitu juga liat di https://trukgandeng.com/Kalimantan, Batu Bara. Apakah rakyat menikmati? Cek. Ayo kita cek,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*